Feb 21, 2016

Trump, Hillary Berjaya di South Carolina dan Nevada



SOUTH CAROLINA – Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump mengungguli saingan-saingannya dan meraih kemenangan dalam kaukus di South Carolina, AS. Hasil dari kontes ini juga menyebabkan kandidat lainnya John Ellis “Jeb” Bush untuk mundur dari bursa calon presiden.
Sementara dalam pemilihan awal atau primary election Partai Demokrat di Nevada, mantan ibu negara sekaligus Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton berhasil meraih suara mayoritas mengungguli saingan terdekatnya Bernie Sanders. Kemenangan ini sekaligus memperbesar peluang Hillary untuk menjadi kandidat utama dari partainya.
Trump yang berhasil meraih 32,5 persen suara berhasil mengungguli Senator Florida Marco Rubio yang meraih 22,5 persen suara dan Senator Texas, Ted Cruz yang mendapatkan 22,3 persen. Tiga kandidat Partai Republik lainnya, Jeb Bush, John Kasich dan Ben Carson hanya meraih kurang dari delapan persen suara. Demikian dilansir Reuters, Minggu (21/2/2016).
Dengan hasil yang diperolehnya di South Carolina, Kandidat calon presiden Jeb Bush akhirnya memutuskan untuk mundur dari persaingan dan mengakhiri mimpinya untuk menjadi presiden AS ketiga dalam Dinasti Bush mengikuti jejak ayah dan kakaknya. Jeb hanya mampu meraih posisi ke-empat di kaukus New Hampshire dan South Carolina, bahkan hanya bertengger di posisi kelima di Iowa.


EmoticonEmoticon